• image
  • image
  • image
Beranda Berita PNPM Mampu Entaskan Kemiskinan
PNPM Mampu Entaskan Kemiskinan PDF Cetak Surel
Selasa, 14 Desember 2010 00:00

hasban buka seminar PNPM dengan DPRDRANTAUPRAPAT : Sejak kehadiran PNPM Mandiri Perdesaan (MP) di L.Batu, telah banyak membantu Pemkab setempat dalam mengentaskan kemiskinan, dimana kita sudah dapat menikmati kelancaran arus transportasi, sarana pendidikanm dan peningkatan taraf hidup kaum perempuan.
Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar SpPD melalui Sekretaris Daerah H Hasban Ritonga SH saat membuka Seminar dan Lokakarya PNPM MP Kab. L.Batu, Rabu (8/12) di Aula Kantor Badan PMPD setempat.
Dikatakan, pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) MP telah mendorong terciptanya perangkat sistem sosial yang bersifat dinamis sehingga warga dapat menjalankan pembangunan di perdesaan secara partisipatif.
Tetapi, PNPM MP masih dihadapkan beberapa kendala, yakni dampak ditetapkannya pembangunan partisipatif bersifat ganda, dimana pada satu sisi warga mampu menyusun rencana pembangunan sesuai dengan kebutuhannya, tetapi di sisi lain warga dihadapkan dengan terbatasnya sumber dana yang tersedia dalam PNPM MP dimaksud.
Mekanisme pembangunan partisipatif yang diterapkan dalam PNPM MP belum melembaga dan menjadi dasar pelaksanaan kegiatan pembangunan di desa dan antar desa. Belum sepenuhnya dana pembangunan yang telah disediakan mampu dikelola berdasarkan prinsip dan mekanisme pembangunan partisipatif.

Namun demikian, kita optimis mampu menghadapi masalah-masalah tersebut karena baik Pemerintah Pusat dan Pemkab L.Batu sendiri memiliki perhatian yang sangat besar untuk mengentaskan kemiskinan dan pengangguran khususnya di perdesaan tersebut.
Hal ini terbukti dengan dukungan dana yang meningkat setiap tahunnya, dimana pad 2011 dana PNPM dari APBN senilai Rp 3.000.000.000,- dan dari APBD L.Batu (cost sharing) Rp 750.000.000.
Adapun tujuan dari seminar dan lokakarya ini antara lain adalah, memperkuat koordinasi dalam program-program pemberdayaan masyarakat maupun penanggulangan kemiskinan.
Sedangkan narasumber dalam kegiatan ini terdiri dari, Kepala Bapemas dan Pemdes Provsu, Kepala Bappeda L.Batu dan Kepala KPPN Rantauprapat.

Teks Foto: Sekdakab L.Batu H Hasban Ritonga SH (pakai peci) membuka Seminar dan Lokakarya PNPM Mandiri Perdesaan di Aula Kantor Badan PMPD L.Batu, Rabu (8/12).

sumber : http://labuhanbatukab.go.id