• image
  • image
  • image
Beranda
Perda RPJPD Kab. Labuhanbatu 2005-2025 PDF Cetak Surel

RPJPD2

DPRD LABUHANBATU SAHKAN RANPERDA RPJPD KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN 2005-2025 MENJADI PERDA

 

RANTAUPRAPAT : Bertempat di Ruang Sidang Paripurna DPRD Labuhanbatu (Jum’at, 5 Juni 2015), Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2005-2025 telah disyahkan oleh DPRD Labuhanbatu menjadi Peraturan Daerah (Perda) pada rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Labuhanbatu didampingi oleh para wakil ketua. Delapan fraksi yang ada di DPRD Labuhanbatu melalui juru bicaranya dalam pendapat akhirnya sependapat dengan laporan pansus untuk menyetujui Ranperda tersebut menjadi Perda. Kedelapan fraksi tersebut adalah Fraksi PDI-Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Hanura, PPP, Partai Gerindra, Fraksi Perubahan, dan Fraksi Amanat Keadilan.

Dalam sambutannya Bupati Labuhanbatu dr. H. Tigor Panusunan Siregar menyampaikan terima kasih persetujuan atas disahkannya Ranperda RPJPD Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2005-2025 menjadi Perda yang telah dibahas bersama antara legislatif dan eksekutif melalui tahapan-tahapan sesuai dengan tata tertib yang berlaku. Bupati mengatakan bahwa RPJPD Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2005-2025 merupakan dokumen perencanaan pembangunan Kabupaten Labuhanbatu untuk periode 20 (dua puluh) tahun, yang memuat visi, misi dan arah pembangunan daerah yang mengacu pada RPJP Nasional dan RPJP Provinsi Sumatera Utara. RPJPD Kabupaten Labuhanbatu mempunyai kedudukan sebagai kerangka dasar pengelolaan pembangunan Kabupaten dalam jangka panjang. fungsi RPJPD Kabupaten Labuhanbatu adalah sebagai arah serta pedoman dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah jangka menengah, penyelenggaraan pemerintahan, pengelolaan pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat, bagi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, pelaku bisnis dan sektor swasta serta seluruh komponen masyarakat.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa RPJPD yang baru disahkan ini sebagai acuan bagi Kepala Daerah terpilih pada Pilkada nantinya untuk dijabarkan lebih lanjut kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJPD). Adapun visi pada yang telah disahkan pada Perda RPJPD ini adalah Labuhanbatu Sentra Jasa dan Agro Industri yang Berdaya Saing Tahun 2025 dengan misi (1) Masyarakat yang sejahtera, maju, berahlak dan bertaqwa kepada Tuhan YME; (2) Berperan di dalam perdagangan dunia sebagai pemasok barang jadi (finished products) yang merupakan produk hilir turunan dari hasil perkebunan, pertanian, kehutanan dan perikanan (sektor primer) yang menjadi unggulan daerah sendiri, maupun dari daerah sekitar; (3) Menjadi salah-satu simpul di dalam jaringan transportasi multi-moda yang mencakup matra laut, udara, dan darat sekurang-kurangnya dalam sistem jaringan nasional; (4) Memiliki kawasan industri pengolahan (sektor sekunder) yang memenuhi standar internasional dan fasilitas perdagangan dan jasa (sektor tersier) modern, terintegrasi di dalam kota-kota baru, lengkap dengan pelayanan pelabuhan laut dan pelabuhan udara; dan (5) Mandiri dalam penelitian dan pengembangan produk unggulan daerah.

Pada acara sidang paripurna yang dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para pimpinan dan anggota DPRD Labuhanbatu, Sekdakab, para Asisten Setdakab, para Kepala SKPD dan jajarannya, serta Lembaga Swadaya Masyarakat / insan pers.

 

 

 

 

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 10 Juni 2015 16:48