• image
  • image
  • image
Beranda
Peringatan Hari Jadi Pemkab Labuhanbatu Ke-68 Tahun 2013 PDF Cetak Surel

 PERINGATAN HARI JADI PEMERINTAH KABUPATEN LABUHANBATU KE-68 TAHUN 2013

           

RANTAUPRAPAT : Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu memperingati Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Ke-68 Tahun 2013 (Kamis, 17 Oktober 2013). Resepsi peringatan hari jadi ini dipusatkan di Lapangan Ika Bina Rantauprapat setelah selesai melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa oleh DPRD Kabupaten Labuhanbatu. Peringatan hari jadi ini mengambil tema Raih Prestasi Wujudkan Labuhanbatu Sejahtera 2020” dan sub tema “Melalui Peringatan Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Ke-68 Tahun 2013 Kita Satukan Tekad dan Langkah untuk Mewujudkan Pembangunan Wujudkan Labuhanbatu Sejahtera 2020”.

Bupati Labuhanbatu Dr. H. Tigor Panusunan Siregar, Sp.PD menyampaikan bahwa diusia yang ke-68 tahun ini, Kabupaten Labuhanbatu telah banyak melakukan berbagai pembangunan, untuk meningkatkan kehidupan perekonomian masyarakat maupun pemenuhan kebutuhan sosial lainnya. Hal ini ditandai dengan meningkatnya pencapaian indikator perekonomian seperti pertumbuhan tingkat PDRB, meningkatnya pendapatan per kapita, meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi, dan berkurangnya tingkat inflasi.

Dari sisi indikator sosial, angka partisipasi sekolah dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi semakin meningkat. Telah diprogramkan pada tahun 2012 yang lalu dimulai pendidikan gratis sampai tingkat SLTA. Angka melek huruf juga mengalami peningkatan. Tahun kita memberikan beasiswa berprestasi kepada 491 siswa yang masuk ke perguruan tinggi negeri di seluruh indonesia sebagai bentuk apresiasi pemerintah kabupaten atas prestasi yang telah dicapai. Pada tahun lalu telah memperluas akses pendidikan menengah bagi masyarakat dengan membangun sekolah menengah atas negeri di Kecamatan Bilah Barat yang selama ini merupakan satu-satunya kecamatan yang tidak memiliki sekolah menengah atas negeri. Untuk memperluas akses pendidikan menengah maka pada tahun 2013 ini insyaallah kita akan membangun lagi 1 unit Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Bilah Hulu, 2 unit Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Pangkatan dan Kecamatan Bilah Hulu, serta 2 unit Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kecamatan Bilah Hilir dan Kecamatan Rantau Utara. Pada tahun 2013 ini telah melaksanakan program Labuhanbatu Mengaji. Program ini melibatkan 113 masjid yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sebanyak 100 masjid dan perkebunan sebanyak 13 masjid dengan melibatkan siswa sebanyak 2.230 orang.

Bupati juga menyampaikan bahwa derajat kesehatan masyarakat juga lebih tinggi dari tahun sebelumnya, dimana usia harapan hidup masyarakat Labuhanbatu mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Prasarana kesehatan juga mengalami peningkatan yang cukup berarti dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kondisi fisik serta peralatan puskesmas dan rumah sakit semakin meningkat. Fasilitas poskesdes sudah terbangun disebagian besar desa-desa di wilayah labuhanbatu. Pemerintah kabupaten juga telah menggratiskan pengobatan bagi penduduk labuhanbatu sampai dengan kelas tiga. Pada tahun 2012 membangun puskesmas baru di Desa Sei. Penggantungan Kecamatan Panai Hilir dan juga pembangunan puskesmas baru di Desa Gunung Selamat Kecamatan Bilah Hulu. Pada tahun ini juga kita akan meningkatkan status puskesmas pembantu menjadi puskesmas di Kecamatan Rantau Utara. Dekimian pula untuk meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan rujukan, pada tahun ini insyaallah akan dilaksanakan pembangunan ruang rawat inap di RSUD rantauprapat.

Dari aspek peningkatan sumber daya manusia, index pembangunan manusia mengalami peningkatan yang termasuk dalam tingkatan status menengah atas.  Capaian ini berada diatas rata-rata capaian provinsi sumatera utara. Demikian juga halnya dengan aspek pelayanan publik telah dilaksanakan pembuatan E-KTP gratis untuk penduduk Labuhanbatu. Data terakhir perekaman E-KTP telah melebihi  100 % dari target yang ditetapkan dan telah mendapat piagam penghargaan dari Menteri Dalam Negeri.

Dari aspek sarana prasarana pembangunan difokuskan pada sektor jalan dan jembatan, air bersih, pengairan, lingkungan hidup dan pemukiman penduduk serta pengangkutan. Sektor-sektor tersebut merupakan urat nadi perekonomian masyarakat dan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Labuhanbatu pada masa yang akan datang. Pada akhir tahun lalu kita sudah menyelesaikan  peningkatan jalan susur pantai Kabupaten Labuhanbatu dari Desa Sei. Rakyat sampai dengan Kelurahan Sei. Berombang sepanjang ± 24 km dimana keberadaan jalan ini telah memberikan manfaat yang signifikan khususnya bagi masyarakat Kecamatan Panai Tengah dan Panai Hilir. Hal ini terbukti dengan peningkatan harga komoditas unggulan terutama harga kelapa sawit sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat dan membuka keterisoliran wilayah.

Tahun 2013 ini kita telah mencanangkan sebagai tahun prestasi. Aspek ketenagakerjaan kita telah meraih anugerah penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi atas keberhasilan kita membina dan mendorong perusahaan-perusahaan untuk melaksanakan program K3 sampai titik kecelakaan nihil (zero accident). Demikian halnya dari aspek lingkungan hidup, Kota Rantauprapat telah memperoleh penghargaan Sertifikat Adipura dari Menteri Lingkungan Hidup atas pengelolaan lingkungan. Demikian juga mendapat penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atas pemberian Akta Kelahiran Gratis untuk Kategori Pratama.

Kabupaten labuhanbatu telah dipercaya oleh salah satu lembaga internasional yaitu USAID (United States Agency for International Development) untuk melakukan kerjasama dibidang pendidikan melalui USAID-PRIORITAS, di bidang sanitasi dan air bersih melalui USAID-IUWASH, dan dibidang kesehatan ibu dan anak melalui USAID-EMAS.

Pada akhir sambutannya, Bupati menghimbau kepada seluruh aparatur pemerintah kabupaten labuhanbatu dan komponen masyarakat untuk bersama-sama saling bahu-membahu membangun Kabupaten Labuhanbatu dengan merapatkan barisan dan membangun persatuan yang kuat dalam jalinan tali persaudaraan dan rasa solidaritas yang tinggi, sehingga akan menciptakan suasana aman dan tenteram guna kelancaran kelangsungan pelaksanaan pembangunan di daerah.

Peringatan hari jadi ke–68 Kabupaten Labuhanbatu tahun ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti kegiatan gotong royong, gerak jalan santai, pergelaran etnis, pemecahan rekor MURI atas permainan tradisional sebanyak 100 jenis permainan oleh 1.000 anak, dan Labuhanbatu Expo 2013. Khusus Labuhanbatu Expo 2013 yang dilaksanakan selama sepekan mengambil tema “Mewujudkan Labuhanbatu sebagai Destinasi Investasi Unggulan”. Expo ini bertujuan sebagai sarana promosi dan publikasi untuk memperkenalkan hasil industri, perdagangan, pertanian, perkebunan, usaha mikro kecil menengah, kebudayaan, pariwisata, peluang investasi dan berbagai program pemerintah yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan.

 

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 21 Oktober 2013 00:53