• image
  • image
  • image
Beranda
Pelantikan DRD Kabupaten Labuhanbatu

 

drd-1

BUPATI LABUHANBATU MELANTIK DRD KABUPATEN LABUHANBATU PERIODE 2011 - 2014

RANTAUPRAPAT : Bupati Labuhanbatu dr. H. Tigor Panusunan Siregar secara resmi melantik Dewan Riset Daerah Kabupaten Labuhanbatu Periode 2011 – 2015 bertempat di Ruang Data dan Karya Setdakab Labuhanbatu (Rabu, 16 Mei 2012). Bupati dalam pidato pelantikan ini menegaskan bahwa dewan yang baru terbentuk sebagai salah satu lembaga riset menduduki peran yang strategis dalam pembangunan sehingga pemerintah memandang penting upaya meningkatkan kemampuan daerah di dalam penyebarluasan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Keanekaragaman dan kondisi sosial ekonomi masyarakat Kabupaten Labuhanbatu yang dinamis adalah tantangan dewan yang baru dilantik ini sebagai bahan kajian untuk memberikan masukan-masukan pembangunan daerah. Banyak sektor yang sudah dinilai berhasil tetapi banyak juga sektor lainnya yang memerlukan perhatian serius semua pihak terkait. Pada akhir sambutannya Bupati mengharapkan dukungan segenap pihak untuk saling bekerja sama dengan meningkatkan sinergitas dan meningkatkan rasa kekeluargaan serta persaudaraan dalam pembangunan.

Selengkapnya...
 
Musrenbang Kabupaten 2012

musrenbangkab 2012-1

BUPATI LABUHANBATU MEMBUKA MUSRENBANG KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN 2012

 

RANTAUPRAPAT : Bupati Labuhanbatu dr. H. Tigor Panusunan Siregar secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2012 di Ruang Data dan Karya Setdakab Labuhanbatu (Kamis, 15 Maret 2012). Bupati menegaskan bahwa Musrenbang Kabupaten ini merupakan kelanjutan dari rapat Forum SKPD yang telah dilaksanakan dan dimaksudkan untuk memantapkan dan menyepakati akhir Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2013. Musrenbang ini diharapkan dapat menjadi wadah sinkronisasi antara prioritas pembangunan kabupaten dan prioritas pembangunan provinsi serta nasional.

Bupati Labuhanbatu menegaskan tentang pentingnya pembekalaan bagi generasi emas (golden age) untuk menatap masa depan yang semakin penuh tantangan. Mempersiapkan pendidikan yang berkualitas adalah modal utama dalam pembekalan yang dimaksud mengingat semakin terbatasnya sumber daya alam. Pada kesempatan yang sama juga Bupati menyampaikan bahwa peningkatan derajat kesehatan masyarakat perlu diprioritaskan terutam bagi golden age untuk menatap masa depan yang gemilang. Bupati juga menyampaikan kemajuan-kemajuan yang sudah dicapai oleh Kabupaten Labuhanbatu yang salah satunya adalah peningkatan harga komoditas hasil pertanian seperti kelapa sawit di daerah pesisir akibat telah ditingkatkannya sarana dan prasarana transportasi. Beliau juga mengupayakan penguatan pendanaan di Kabupaten Labuhanbatu agar pembangunan akan semakin maju ditinjau dari aspek kualitas dan kuantitas.

Selengkapnya...
 
Forum SKPD Tahun 2012

forum skpd 2012 - 1PROSES PERENCANAAN BERJENJANG MENJADI SATU-SATUNYA PINTU PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

 

RANTAUPRAPAT : Hal senada disampaikan oleh Bupati Labuhanbatu yang diwakili oleh Sekdakab Labuhanbatu, H. Ali Usman Harahap, SH, pada acara Forum SKPD / Forum Gabungan SKPD Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2012 bertempat di Ruang Data dan Karya Setdakab Labuhanbatu (Rabu, 29 Pebruari 2012). Beliau menegaskan bahwa forum ini merupakan salah satu kegiatan dari seluruh rangkaian proses perencanaan berjenjang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi ketentuan dalam Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Forum SKPD / Forum Gabungan SKPD merupakan kegiatan tahunan sebagai wadah bersama stokeholder menentukan kesepakatan terhadap kebijakan perencanaan pembangunan dalam membahas, mensinkronkan dan mensinergikan program kegiatan hasil musrenbang kecamatan dengan Rancangan Kerja SKPD yang selanjutnya dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2013 yang menjadi sumber utama untuk tahap perencanaan selanjutnya. Hal yang perlu diperhatikan dalam forum ini adalah penyusunan Renja SKPD harus jelas indikator kinerja program baik indikator keluaran maupun indikator hasil yang akan dicapai sehingga dapat dilakukan pengukuran kinerja terhadap setiap kegiatan dalam rangka menilai tingkat keberhasilan suatu SKPD, perumusan satu kegiatan harus mampu untuk dilaksanakan pada tahun yang bersangkutan dan disusun dengan memperhatikan kemampuan sumber daya yang tersedia, dan memperhatikan sinergisitas baik didalam SKPD itu sendiri maupun antar SKPD.

Selengkapnya...
 
Musrenbang Kecamatan Rantau Utara 2012

musrenbang - rantau utara 1

PERUMUSAN KEBIJAKAN, PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBANGUNAN DAERAH PERLU MEMPERTIMBANGKAN KERAGAMAN KONDISI DAN DINAMIKA KEHIDUPAN SOSIAL, BUDAYA, DAN EKONOMI DAERAH

RANTAU UTARA : Perumusan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan daerah perlu mempertimbangkan keragaman kondisi dan dinamika kehidupan sosial, budaya, ekonomi daerah Perumusan kebijakan perlu didasarkan pada pemahaman yang akurat, utuh, lengkap, dan komprehensif tentang wilayah, serta komunikasi, koordinasi dan konsultasi secara terus menerus dengan para pengambil keputusan dan pelaksana kebijakan di setiap daerah. Hal ini berarti bahwa setiap SKPD perlu memperhatikan karakteristik dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, mempercepat pembangunan ekonomi daerah secara efektif dan berkelanjutan, memberdayakan pelaku dan potensi daerah, serta memperhatikan penataan ruang, baik fisik maupun sosial sehingga terjadi pemerataan pertumbuhan ekonomi. Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim II Musrenbang Kecamatan, Hamamuddin Siregar, ST saat membacakan pidato sambutan Kepala Bappeda Kabupaten Labuhanbatu pada acara Musrenbang Kecamatan Rantau Utara (Rabu, 15 Pebruari 2012) bertempat di Aula Kantor Camat Rantau Utara.

Selengkapnya...
 
Musrenbang Kecamatan Panai Tengah 2012

musrenbang - panai tengah 1

PERENCANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN SECARA PARTISIPATIF UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN PEMBANGUNAN

 

PANAI TENGAH : Perencanaan pembangunan kecamatan secara partisipatif untuk mengejar ketertinggalan pembangunan, masyarakat diminta secara aktif untuk berperan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengedalian pembangunan. Hal senada disampaikan oleh David Siregar, Anggota DPRD Labuhanbatu Daerah Pemilihan IV pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan Panai Tengah (Selasa, 14 Pebruari 2012) bertempat di Aula Kantor Camat Panai Tengah.

 

Selengkapnya...
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

halaman 8 dari 10

Pegawai Bappeda

RIDWAN

Drs. H. M. RIDWAN RAMBE, M.Si
 PEMBINA TK-I
HAMMUDDIN HAMAMUDDIN SIREGAR, ST, MM
 PEMBINA 

Jajak Pendapat

Pembangunan yang seharusnya paling diutamakan pada saat ini?