• image
  • image
  • image
Beranda
Penyerahan DIPA 2015

 

BUPATI LABUHANBATU MENERIMA DIPA APBN TAHUN 2015 DARI GUBSU

 

MEDAN : Bupati Labuhanbatu dr. H. Tigor Panusunan Siregar, Sp. PD menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sumber dana APBN Tahun Anggaran 2015 dari Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, ST, M.Si bertempat di Gedung Binagraha Pemprovsu Medan (Senin, 15 Desember 2014). DIPA sebesar Rp 813.597.899.517,- terdiri dari Dana Bagi Hasil Pajak sebesar Rp 44.115.315.517,-, Dana Bagi Hasil Sumber Daya Alam sebesar Rp 2.161.623.000,-, DAU sebesar Rp 593.025.840.000,-, DAK sebesar Rp 51.926.360.000,-, Dana Transfer Lainnya sebesar Rp 116.914.633.000,- dan Dana Desa sebesar Rp 5.454.128.000,-. DIPA yang diserahkan ini sebagai acuan untuk penyusunan APBD Tahun Anggaran 2015.

Ada hal yang menarik dari DIPA yang diberikan ini yaitu disalurkannya Dana Desa sebagai implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Diharapkan dengan dana transfer ini akan meningkatkan kualitas dan kuantitas pembangunan di perdesaan. Secara keseluruhan kebijakan dana transfer ke daerah dan desa ini diarahkan untuk meningkatkan kapasitas fiskal daerah dalam rangka penyelenggaran pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, mengurangi ketimpangan sumber pendanaan pemerintahan antara pusat dan daerah dan mengurangi kesenjangan pendanaan pemerintahan antar daerah, dan meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan publik didaerah dan mengurangi kesenjangan pelayaan publik antar daerah.

Selengkapnya...
 
Sosialisasi SIPD

SIPD2014SOSIALISASI SIPD KABUPATEN LABUHANBATU

RANTAUPRAPAT : Bupati Labuhanbatu yang diwakili oleh Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial Setdakab Labuhanbatu Faizal Amri Siregar, ST membuka acara Sosialisasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), Rabu tanggal 11 Juni 2014, bertempat di Ruang Rapat Terpadu Bappeda Kabupaten Labuhanbatu. Bupati mengharapkan dengan sosialisasi ini akan meningkatkan kualitas perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah yang didukung oleh ketersediaan data dan informasi pembangunan daerah yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan. Penyusunan SIPD dimaksudkan untuk mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja pemerintah daerah.

Selengkapnya...
 
LKPJ Bupati Labuhanbatu TA 2013

LKPJ 2013-1

BUPATI LABUHANBATU MENYAMPAIKAN NOTA PENGANTAR LKPJ BUPATI TAHUN ANGGARAN 2013

RANTAUPRAPAT : Bupati Labuhanbatu dr. H. Tigor Panusunan Siregar menyampaikan nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Labuhanbatu Tahun Anggaran 2013 pada acara sidang paripurna bertempat di Ruang Sidang Paripurna DPRD Labuhanbatu (Senin, 12 Mei 2014). Penyampaian ini untuk memenuhi amanat Pasal 27 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kepada Masyarakat.

Dalam pengantarnya Bupati menyampaikan mengenai pencapaian target indikator ekonomi makro dan target pencapaian prioritas pembangunan daerah yang akan dirinci dalam laporan penyelenggaraan urusan Desentralisasi, Tugas Pembantuan dan Tugas Umum Pemerintahan tahun 2013.

Secara umum laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Labuhanbatu atas dasar harga konstan pada tahun 2012 sebesar 6,11%, sementara pada tahun 2011 sebesar 5,72% yang menunjukkan peningkatan sebesar 0,39%. Sedangkan laju pertumbuhan ekonomi atas dasar harga berlaku tahun 2012 sebesar 11,41% sementara pada tahun 2011 sebesar 12,35%, sehingga mengalami penurunan sebesar 0,94%. Untuk PDRB tahun 2012 atas dasar harga konstan mencapai Rp 3,65 triliun dan atas harga berlaku mencapai Rp 9,52 triliun, apabila dibandingkan dengan tahun 2011 yang mencapai Rp 3,45 triliun atas harga konstan dan  Rp 8,55 triliun atas dasar harga berlaku, menunjukkan bahwa PDRB tahun 2012 mengalami  kenaikan.

Selengkapnya...
 
Serah Terima Pejabat Eselon II b

Serah Terima_Ka._Bappeda_2014 PERUBAHAN ZAMAN YANG DINAMIS BERDAMPAK LANGSUNG PADA TATA KELOLA BIROKRASI


RANTAUPRAPAT : Wakil Bupati Labuhanbatu Suhari Pane, SIP menekankan perlunya untuk mengantisipasi perubahan zaman yang berjalan cendrung dinamis yang sangat berdampak langsung pada tata kelola birokrasi. Hal demikian disampaikan Suhari saat menyerahterimakan Pejabat Eselon II b di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu di Ruang Data dan Karya Setdakab Labuhanbatu (Senin, 24 Maret 2014). Melihat demikian cepatnya perubahan lingkungan diharapkan Kepala SKPD yang baru dilantik dapat melihat dan menyikapi perubahan yang ada dan menerjemahkannya menjadi hal positif bagi lingkungan kerjanya. Para Kepala SKPD yang baru dilantik diharapkan cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru sehingga dapat melaksanakan roda birokrasi secara efektif dan efisien serta cerdas dalam mengambil keputusan.

Adapun pejabat eselon II b yang diserahterimakan adalah Hobol Zulkifli Rangkuti, S.Sos sebagai Kepala Bappeda menggantikan Drs. H. Muhammad Kahfi, M.Si yang akan menjabat Kepala Badan Lingkungan hidup menggantikan pejabat lama Faizal Amri Siregar, ST.  Ir. Nirwan Latif Siregar yang selama ini menjabat Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan akan menempati pos baru sebagai Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan sedangkan jabatan Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan diisi oleh Ir. Leo Sunarta, M.MA. Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan diisi oleh Ir. Jumingan yang selama ini menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

Selengkapnya...
 
Musrenbang RKPD Kabupaten Labuhanbatu 2015

 

Musrenkab 1MUSRENBANG RKPD KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN 2015 SEBAGAI UPAYA PEMANTAPAN, EVALUASI, DAN PENGEMBANGAN PROGRAM-PROGRAM PRIORITAS YANG TELAH BERJALAN

RANTAUPRAPAT : Hal senada disampaikan oleh Wakil Bupati Labuhanbatu Suhari Pane, SIP pada acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2015 di Ruang Data dan Karya Setdakab Labuhanbatu (Kamis, 13 Maret 2014). Suhari menyampaikan Musrenbang RKPD ini adalah tahun terakhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2011-2015 dimana pada tahun 2015 diarahkan dan diprioritaskan kepada pemantapan, evaluasi, dan pengembangan program-program prioritas yang telah berjalan selama empat (4) tahun yaitu pembangunan pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, pertanian, infrastruktur, peningkatan ketertiban umum dan keamanan serta peningkatan kualitas sumber daya aparatur dan pelayanan publik. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat dalam rangka integrasi terhadap Masterplan Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) serta Masterplan Percepatan Dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI).

Wakil Bupati mengharapkan pelaksanaan musrenbang ini dengan sungguh-sungguh sehingga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan daerah Labuhanbatu. Proses penyusunan RKPD melalui forum musrenbang diperlukan koordinasi antara instansi pemerintah daerah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan agar dapat mensinkronkan usulan program prioritas pembangunan daerah dengan provinsi dan nasional. Sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu terus berupaya mengakomodir usulan-usulan yang disampaikan oleh masyarakat yang sebelumnya diawali dengan musrenbang tingkat desa / kelurahan dan dilanjutkan melalui Musrenbang Kecamatan serta dipertajam lagi melalui Forum SKPD yang baru-baru ini kita laksanakan” ujar Suhari. Sejak tahun 2011 hingga saat ini telah banyak program dan kegiatan yang telah terlaksana dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat kabupaten labuhanbatu tambah Wakil Bupati.

Selengkapnya...
 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Selanjutnya > Akhir >>

halaman 4 dari 9

Pegawai Bappeda

P.HOBOL -_OK HOBOL ZULKIFLI RANGKUTI, S.Sos, MM

PEMBINA UTAMA MUDA


RIDWAN Drs. H. M. RIDWAN RAMBE, M.Si
 PEMBINA TK-I
HAMMUDDIN HAMAMUDDIN SIREGAR, ST, MM
 PENATA TK- I

DARNITA DARNITA M. SINAGA, SE, MM
PENATA TK-I

seluruh pegawai

strong class=

Jajak Pendapat

Pembangunan yang seharusnya paling diutamakan pada saat ini?