• image
  • image
  • image
Beranda
Pelatihan ARG-GBS PDF Cetak Surel

IMG20180507124717PELATIHAN PENYUSUNAN ANGGARAN RESPONSIF GENDER MELALUI GENDER BUDGET STATEMENT

RANTAUPRAPAT : Bertempat di Ruang Rapat Terpadu Bappeda Kabupaten Labuhanbatu, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan Pelatihan Penyusunan Anggaran Responsif Gender melalui Gender Budget Statement dengan Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui Pengisian Pendampingan Form Evaluasi (Senin, 7/5). Dalam sambutannya Kepala Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Drs. H. Muhammad Ridwan Rambay, M.Si mewakili Bupati Labuhanbatu mengatakan percepatan pengarusutamaan gender melalui Perencanaan Penganggaran Responsif Gender merupakan strategi pembangunan guna mengatasi berbagai kesenjangan dalam menikmati hasil-hasil pembangunan, baik antar individu, antar kelompok masyarakat dan antar daerah. Bupati menyampaikan bahwa kita mengakui bahwa sejak mulai pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang kehidupan, telah membawa perubahan-perubahahan dan keberhasilan untuk meningkatkan derajat hidup dan kesejahteraan masyarakat. namun tidak menutup mata pula, bahwa masih terjadi kesenjangan yang menyebabkan ketertinggalan dan kemiskinan baik di perkotaan maupun di perdesaan di seluruh wilayah tanah air.

IMG20180507113155Pada kesempatan ini Bupati meminta meminta kepada saudara/i kepala perangkat daerah agar berkosentrasi dalam pencapaian target RPJMD. Pengarusutamaan gender adalah urusan kita bersama dan bukan semata-mata menjadi urusan OPD teknisnya saja. Penguatan kelembagaan PUG melalui pengisian pendampingan form evaluasi pada hari ini saya meminta agar benar-benar memperhatikan apa yang disampaikan oleh narasumber sehingga benar-benar dapat diterapkan setelah mengikuti pelatihan ini. RPJMD Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2016-2021 secara spesifik telah dituangkan perwujudan pengarustamaan gender melalui tujuan meningkatnya penerapan kebijakan perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan dengan sasaran meningkatnya persentase kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang mendapat layanan konfrehensif. Pencapaian sasaran ini akan dicapai dengan indikator kinerja persentase kasus kekerasan terhadap perempuan yang mendapat layanan dan persentase pengaduan kasus anak yang ditindak lanjuti.

IMG20180507100229Tampil sebagai narasumber pada pelatihan ini Ibu Dra. Hj. Marhamah, M.Si dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Utara. Adapun yang menjadi peserta adalah seluruh pejabat yang membidangi penyusuna rencana program pada masing-masing OPD.

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 16 Juli 2018 15:50